PENGGUNAAN KOMPUTER UNTUK PENDIDIKAN

0

Category:

PENGGUNAAN KOMPUTER UNTUK PENDIDIKAN

PENDAHULUAN
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data dan melakukan perhitungan aritmatika.Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain, yaitu untuk pendidikan

PEMBAHASAN
Dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro processor, dimana informasi atau materi yang disampaikan dalam bentuk digital. aplikasi teknologi komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal dengan istilah Computer Asissted Instruction atau pembelajaran berbantuan komputer.

A. Beberapa istilah lain penggunaan dalam pembelajaran ;
1.       CAI : Computer Assisted Instruction
cai adalah semua software pendidikan yang dapat diakses memlalui komputer dimana pengguna dapat berinteraksi dengan nya, sistem komputer yang dapat menyajikan serangkaian program pembelajaran kepaada siswa, baik berupa informasi maupun latihan soal untuk mencapai tujuan tertentu
2.       CBI : Computer Based Instruction
CBI (Computer Based Instruction) adalah sebuah pembelajaran terprogram yang menggunakan komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan materi kepada siswa. CBI kompter menjadi pusat pembelajaran (center of learning) dimana siswa berperan lebih aktif dalam mempelajari suatu materi dengan media utama komputer. Dalam hal ini materi pengajaran disusun secara sistematis dan dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman, perangkat lunak atau software Animasi (seperti flash dll.) Pemrograman materi pembelajaran tersebut meliputi penyampaian informasi, pemberian contoh soal, tugas-tugas dan soal-soal latihan.

3.       CBL : Computer Based Learning
CBL mengacu pada segala jenis belajar siswa yang berhubungan dengan komputer. Istilah ini dianggap lebih umum karena istilah learning secara alamiah mencakup situasi dimana komputer digunakan sebagai alat pembelajaran, tetapi tidak untuk menyampaikan informasi atau mengajar siswa.

4.       CBE : Computer Based Education
CBE Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll.

5.       CAL : Computer Assisted Learning
(CAL) adalah pembelajaran yang melibatkan penggunaan komputer untuk mempresentasikan materi belajar, tutorial dan umpan balik kemajuan belajar siswa.
Pengertian Computer-Assisted Learning atau “pembelajaran berbantuan komputer” adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer mau pun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal mau pun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface (antar muka) multimedia.

Terkadang orang sering kali menyamakan metode CAI (Computer Assisted Instruction)  dengan CBI dan istilah-istilah komputer untuk pendidikan lain nya padahal sebenarnya metode tersebut merupakan 2 buah metode yang berbeda. Perbedaan yang mendasar terdapat pada penggunaan multimedia belajarnya. Pada CAI peran guru tidak semuanya dihilangkan dan komputer hanya beperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi, sedangkan Persamaan Pemanfaatan media computer untuk membantu proses penyampaian pembelajaran.

Istilah yang dianggap paling sesuai adalah CBL karena dalam penelitian ini computer dimanfaatkan untuk melakukan belajar dan pembelajaran
adapun tahap tahap dalam CBL adalah :

1. komputer dalam pendidikan adalah untuk latihan dan praktek dalam aritmatika dan membaca.
2. komputer dapat digunakan sebagai guru, sebagai alat.
3. Memberikan arah pada guru tentang di mana dan bagaimana menggunakan komputer dalam pembelajaran.
4. Software pendidikan akan menampilkan peningkatan yang memungkinkan manusia untuk mempertajam kemampuan kognitif mereka melalui aplikasi komputer

Penelitian tentang komputer based learning dilakukan oleh MD Robyler, Robyler menemukan kecenderungan, yang telah dilaporkan dalam penelitian sebelumnya, dalam penggunaan komputer agar lebih efektif bila digunakan oleh siswa dengan prestasi rendah. hasil penelitiannya Dia menemukan bahwa adanya perbedaan dalam efek terhadap pria dan wanita, meski penelitian ini buktinya belum meyakinkan, tapi sangat disarankan bahwa ini adalah bidang yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.

PENUTUP
Memperhatikan hasil-hasil penelitian terdahulu, dibawah ini merupakan saran untuk penelitian lebih lanjut :
Robyler menyarankan bahwa kedepannya penelitian dalam pembelajaran berbasis komputer harus berkonsentrasi pada:

• Aplikasi dalam berbagai keterampilan dan konten wilayah.
• Aplikasi komputer dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (ESL).
• Menggunakan pengolah kata.
• Kreativitas dan pemecahan masalah dengan Logo dan CAI.
• Efek dari penggunaan komputer pada sikap dan tingkat drop-out.
• Perbedaan efek dari penggunaan komputer pada pria dan wanita.


Menurut saya saran diatas masih relevan untuk sekarang ini karena setiap daerah dan konten wilayah mempunya potensi yang berbeda-beda untuk itu keterampilan dari penggunaan komputer dalam pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajran tersebut. selebihnya tergantung pada karakteristik siswa dan lingkungan nya karena perkembangan zaman makin berkembang maka semakin berbeda juga tingkat kebutuhan nya.
averdy trimukti (121508 6070)


Comments (0)

Post a Comment