PENGGUNAAN KOMPUTER UNTUK PENDIDIKAN
PENDAHULUAN
Komputer adalah alat yang
dipakai untuk mengolah data dan melakukan perhitungan aritmatika.Komputer digital pertama,
memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Dengan penemuan mikroprosesor
di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi
populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak
dokumen. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah
melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain, yaitu untuk pendidikan
PEMBAHASAN
Dalam bidang pendidikan,
penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau
menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro
processor, dimana informasi atau materi yang disampaikan dalam bentuk digital.
aplikasi teknologi komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal dengan istilah
Computer Asissted Instruction atau pembelajaran berbantuan komputer.
A. Beberapa
istilah lain penggunaan dalam pembelajaran ;
1. CAI
: Computer Assisted Instruction
cai adalah
semua software pendidikan yang dapat diakses memlalui komputer dimana pengguna
dapat berinteraksi dengan nya, sistem komputer yang dapat menyajikan
serangkaian program pembelajaran kepaada siswa, baik berupa informasi maupun
latihan soal untuk mencapai tujuan tertentu
2. CBI
: Computer Based Instruction
CBI (Computer
Based Instruction) adalah sebuah pembelajaran terprogram yang menggunakan
komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan materi
kepada siswa. CBI kompter menjadi pusat pembelajaran (center of learning)
dimana siswa berperan lebih aktif dalam mempelajari suatu materi dengan media
utama komputer. Dalam hal ini materi pengajaran disusun secara sistematis dan
dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman, perangkat lunak atau software
Animasi (seperti flash dll.) Pemrograman materi pembelajaran tersebut meliputi
penyampaian informasi, pemberian contoh soal, tugas-tugas dan soal-soal
latihan.
3. CBL
: Computer Based Learning
CBL mengacu
pada segala jenis belajar siswa yang berhubungan dengan komputer. Istilah ini
dianggap lebih umum karena istilah learning secara alamiah mencakup situasi
dimana komputer digunakan sebagai alat pembelajaran, tetapi tidak untuk
menyampaikan informasi atau mengajar siswa.
4. CBE
: Computer Based Education
CBE Bersifat
menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapat dikategorikan dalam
bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang
menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan
siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll.
5. CAL
: Computer Assisted Learning
(CAL) adalah
pembelajaran yang melibatkan penggunaan komputer untuk mempresentasikan materi
belajar, tutorial dan umpan balik kemajuan belajar siswa.
Pengertian
Computer-Assisted Learning atau “pembelajaran berbantuan komputer” adalah
aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap
proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa
melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer mau pun multi arah
yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal mau pun global) dan juga
diperluas fungsinya melalui interface (antar muka) multimedia.
Terkadang orang sering kali menyamakan metode CAI (Computer Assisted Instruction) dengan CBI dan istilah-istilah komputer untuk pendidikan lain nya padahal sebenarnya metode tersebut merupakan 2 buah metode yang berbeda. Perbedaan yang mendasar terdapat pada penggunaan multimedia belajarnya. Pada CAI peran guru tidak semuanya dihilangkan dan komputer hanya beperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi, sedangkan Persamaan Pemanfaatan media computer untuk membantu proses
penyampaian pembelajaran.
Istilah yang dianggap paling sesuai adalah CBL karena dalam penelitian ini computer dimanfaatkan untuk melakukan belajar dan pembelajaran
adapun tahap tahap dalam CBL adalah :
1. komputer dalam pendidikan adalah untuk latihan dan praktek dalam aritmatika dan membaca.
2. komputer dapat digunakan sebagai guru, sebagai alat.
3. Memberikan arah pada guru tentang di mana dan bagaimana menggunakan komputer dalam pembelajaran.
4. Software pendidikan akan menampilkan peningkatan yang memungkinkan manusia untuk mempertajam kemampuan kognitif mereka melalui aplikasi komputer
Penelitian tentang komputer based learning dilakukan oleh MD Robyler, Robyler menemukan kecenderungan, yang telah dilaporkan dalam penelitian sebelumnya, dalam penggunaan komputer agar lebih efektif bila digunakan oleh siswa dengan prestasi rendah. hasil penelitiannya Dia menemukan bahwa adanya perbedaan dalam efek terhadap pria dan wanita, meski penelitian ini buktinya belum meyakinkan, tapi sangat disarankan bahwa ini adalah bidang yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.
Robyler menyarankan bahwa kedepannya penelitian dalam pembelajaran berbasis komputer harus berkonsentrasi pada:
• Aplikasi dalam berbagai keterampilan dan konten wilayah.
• Aplikasi komputer dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (ESL).
• Menggunakan pengolah kata.
• Kreativitas dan pemecahan masalah dengan Logo dan CAI.
• Efek dari penggunaan komputer pada sikap dan tingkat drop-out.
• Perbedaan efek dari penggunaan komputer pada pria dan wanita.
Menurut saya saran diatas masih relevan untuk sekarang ini karena setiap daerah dan konten wilayah mempunya potensi yang berbeda-beda untuk itu keterampilan dari penggunaan komputer dalam pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajran tersebut. selebihnya tergantung pada karakteristik siswa dan lingkungan nya karena perkembangan zaman makin berkembang maka semakin berbeda juga tingkat kebutuhan nya.
Istilah yang dianggap paling sesuai adalah CBL karena dalam penelitian ini computer dimanfaatkan untuk melakukan belajar dan pembelajaran
adapun tahap tahap dalam CBL adalah :
1. komputer dalam pendidikan adalah untuk latihan dan praktek dalam aritmatika dan membaca.
2. komputer dapat digunakan sebagai guru, sebagai alat.
3. Memberikan arah pada guru tentang di mana dan bagaimana menggunakan komputer dalam pembelajaran.
4. Software pendidikan akan menampilkan peningkatan yang memungkinkan manusia untuk mempertajam kemampuan kognitif mereka melalui aplikasi komputer
Penelitian tentang komputer based learning dilakukan oleh MD Robyler, Robyler menemukan kecenderungan, yang telah dilaporkan dalam penelitian sebelumnya, dalam penggunaan komputer agar lebih efektif bila digunakan oleh siswa dengan prestasi rendah. hasil penelitiannya Dia menemukan bahwa adanya perbedaan dalam efek terhadap pria dan wanita, meski penelitian ini buktinya belum meyakinkan, tapi sangat disarankan bahwa ini adalah bidang yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.
PENUTUP
Memperhatikan hasil-hasil penelitian terdahulu, dibawah ini merupakan saran untuk penelitian lebih lanjut :Robyler menyarankan bahwa kedepannya penelitian dalam pembelajaran berbasis komputer harus berkonsentrasi pada:
• Aplikasi dalam berbagai keterampilan dan konten wilayah.
• Aplikasi komputer dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (ESL).
• Menggunakan pengolah kata.
• Kreativitas dan pemecahan masalah dengan Logo dan CAI.
• Efek dari penggunaan komputer pada sikap dan tingkat drop-out.
• Perbedaan efek dari penggunaan komputer pada pria dan wanita.
Menurut saya saran diatas masih relevan untuk sekarang ini karena setiap daerah dan konten wilayah mempunya potensi yang berbeda-beda untuk itu keterampilan dari penggunaan komputer dalam pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajran tersebut. selebihnya tergantung pada karakteristik siswa dan lingkungan nya karena perkembangan zaman makin berkembang maka semakin berbeda juga tingkat kebutuhan nya.
averdy trimukti (121508 6070)
Comments (0)
Post a Comment