Hubungan Pemanfaatan mata kuliah KSHP dalam Media Jejaring Sosial Facebook terhadap Mahasiswa Teknologi Pendidikan

0

Category:

Hubungan Pemanfaatan mata kuliah KSHP dalam Media Jejaring Sosial Facebook terhadap  Mahasiswa Teknologi Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
     Perubahan dunia yang semakin terus berkembang menyebakan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, untuk menunjang masalah tersebut dibutuhkan suatu teknologi sebagai solusinya, demikian juga di dunia pendidikan penggunaan teknologi juga  sangat berperan penting
   Universitas sebagai lembaga pendidikan membutuhkan strategi untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di kelas. Dosen yang berkompeten akan lebih mampu menggunakan bermacam-macam media pembelajaran dan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar mengajar yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
   Media bisa digunakan sebagai alat untuk menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan siswa, sehingga mendorong proses belajar mengajar, mulai dari kemasan sampai kepada isinya yang semakin menarik dan kompetitif sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran tersebut.
Dalam penggunaan media sebagai alat pembelajaran memiliki beberapa sasaran yaitu terletak dari tujuan yang ingin dicapai tersebut seperti dalam hal meningkatkan mutu pembelajaran di kampus dan kualitas output peserta didik.

Berdasarkan latar belakang di atas mendorong penulis untuk melakukan penelitian mengenai hal tersebut dengan judul “Hubungan Pemanfaatan mata kuliah KSHP dalam Media Jejaring Sosial Facebook terhadap  Mahasiswa Teknologi Pendidikan"



1.1 Identifikasi Masalah

  1. Apakah mata kuliah KSHP dalam Media Jejaring Sosial Facebook dapat  dimanfaatkan sebagai sumber belajar oleh mahasiswa jurusan teknologi pendidikan?
  2. Apakah mata kuliah KSHP dalam Media Jejaring Sosial Facebook dapat menarik perhatian dan minat siswa  dalam pembelajaran  ? 
  3. Seberapa besarkah hubungan mata kuliah KSHP dalam Media Jejaring Sosial Facebook terhadap hasil belajar mahasiswa jurusan teknologi pendidikan?

1.2 Batasan Masalah 
    Sesuai dengan rumusan masalah maka penulis membatasi masalah hanya pada hubungan pemanfaatan mata kuliah KSHP dalam Media Jejaring Sosial Facebook terhadap  Mahasiswa Teknologi Pendidikan


1.3 Rumusan Masalah
  Berdasarkan latar belakang, penulis ingin mengetahui :
 
  1. Apakah ada hubungan pemanfaatan mata kuliah KSHP dalam Media Jejaring Sosial Facebook terhadap  Mahasiswa Teknologi Pendidikan?

1.4 Metode Metode Penelitian yang digunakan dalam peneliatian ini adalah metode suvei. teknik pngambilan data nya yaitu dengan  mengambil jawaban serta mengKategorisasikan atas pertnyaan yang sudah dibuat
  1. Tabulasi yang menjawab dan yang bengong
  2. Kategorisasikan atau klasifikasikan jawaban menurut isi dan jumlah yang menjawab
  3. Kategorisasikan atau klasifikasikan saran menurut isi dan jumlah yang menjawab 


1.4 Hasil
1. Tabulasi yang menjawab dan yang bengong

dari hasil yang saya dapatkan mahasiswa teknologi pendidikan yang menjawab lebih besar dibandingan yang bengong.

2. Kategorisasikan atau klasifikasikan jawaban menurut isi dan jumlah yang menjawab 



3. Kategorisasikan atau klasifikasikan saran menurut isi dan jumlah yang menjawab 
gambar


1.    Variabel Bebas
       Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan mata kuliah KSHP dalam Media Jejaring Sosial Facebook
2.    Variabel Terikat
       Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Teknologi Pendidikan

C. PEMBAHASAN 

Berdasarkan Survei yang dilakukan, dapat dilihat bahwa ada 39 mahasiswa yang mengikuti grup KSHP. Jika di lihat dari table dan grafik yang pertama, ada 31 orang yang menjawab pertanyaan yang di berikan oleh dosen dan 8 orang mahasiswa bengong atau tidak menjawab.

Pada Tabel dan Grafik yang ke dua pada Kategorisasikan atau klasifikasikan jawaban menurut isi dan jumlah yang menjawab. Ada 1 orang yang menjawab sangat setuju, 6 orang yang menjawab sangat tidak setuju, 9 orang yang menjawab tidak setuju, 1 orang yang menjawab kurang setuju dan 14 orang yang curhat. jadi pada tabel dan grafik yang ke dua ini mahasiswa lebih banyak yang curhat ke dosen tentang mata kuliah KSHP dalam Media jejaringan sosial Facebook.

Pada tabel dan grafik yang ke tiga pada Kategorisasikan atau klasifikasikan saran menurut isi dan jumlah yang menjawab. Ada 13 orang yang menjawab diskusi, 10 orang yang menjawab pengetahuan bertambah, 11 orang yang menjawab feedback, 1 orang yang menjawab menantang, 2 orang menjawab melatih kemampuan bahasa, 7 orang yang menjawab interaksi, dan 4 orang yang menjawab melek informasi. Jadi pada tabel dan grafik ini mahasiswa dapat berdiskusi langsung dengan dosen maupun mahasiswa yang lain.

D. KESIMPULAN

Berdasarkan Penelitian di atas dan dengan menggunakan metode survei, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa adanya group KSHP di facebook memberikan dampak positif bagi mahasiswa karna mahasiswa dapat berdiskusi dengan dosen maupun dengan mahasiswa lainnya, dan menambah pengetahuan bagi si peneliti dan mahasiswa yang lain.

Comments (0)

Post a Comment